Tempat Wisata di Karawang yang Menyajikan Sejarah

Wisata Daerah Karawang

Secara demografinya karawang memiliki masyarakat yang beragam dan penggunaan bahasanya seperti bahasa Indonesia, bahasa sunda, bahasa jawa, bahasa betawi serta bahasa cirebon. Secara administratifnya karawang dibagi menjadi 30 kecamatan dan 309 kelurahan. Simbol kedaerahan karawang yang paling populer adalah jambu air cincalo dengan ayam ciparage dan pihak pemerintahan karawang juga memiliki situs resmi yang bisa diakses masyarakat yaitu www.karawangkab.go.id.  

Wisatawan yang berkunjung ke karawang, pasti merasakan kegembiraan yang sangat besar dan setiap tahunnya pengunjung tempat wisata di karawang selalu mengalami peningkatan. Banyak warga Jabodetabek yang rela datang ke karawang untuk berkunjung ke tempat wisata di karawang. Karawang menjadi daerah yang memiliki sejarah panjang dan banyak peninggalan sejarah yang ada di karawang. Wisata sejarah menjadi hal menyenangkan dilakukan di karawang. Berikut ini adalah tempat wisata di karawang yang menyajikan sejarah:

1. Monumen Rawa Gede

Monumen Rawa Gede adalah salah satu wisata daerah karawang dan bangunan ini sangat erat kaitannya dengan kemerdekaan bangsa Indonesia. Monumen rawa gede berlokasi di Dusun Rawagede, Desa Balongsari, Kecamatan Rawamerta, Karawang dan bangunan ini menjadi simbol sejarah panjang yang pernah terjadi di tanah karawang. Monumen rawa gede menjadi salah satu tempat wisata sejarah yang wajib dikunjungi saat berwisata di karawang, karena menyimpan pengetahuan sejarah yang sangat penting.

2. Candi Blandongan

Candi Blandongan adalah salah satu candi bersejarah yang berlokasi di Segaran, Batujaya, Kabupaten Karawang dan candi blandongan menjadi situs sejarah yang masuk dalam kawasan candi jiwa. Candi blandongan menjadi situs yang memiliki bentuk sempurna dibandingkan dengan candi lain yang ada di kawasan candi jiwa dan keberadaan candi menjadi daya tarik utama wisata disini. Candi blandongan memiliki banyak spot yang bisa digunakan untuk kegiatan berfoto.

3. Museum Situs Batujaya

Museum adalah tempat yang digunakan untuk menyimpan berbagai benda bersejarah dan hampir semua daerah di Indonesia memiliki museum. Museum situs batujaya berlokasi di Segaran, Batujaya, Kabupaten Karawang dan situs ini memiliki berbagai benda bersejarah peninggalan situs bajujaya. Berbagai benda koleksi yang ada di museum adalah arca, meterai, gerabah dan berbagai banda bersejarah lainnya. Tempat ini menjadi salah satu tempat wisata sejarah yang ada di karawang.

4. Makam Syekh Quro

Syekh Quro adalah seorang ulama yang memiliki peranan penting dalam kokohnya agama islam dan memiliki jasa atas penyebaran agama islam di karawang. Peranannya dalam menyebarkan agama islam membuat syekh quro sangat dihargai oleh para pengikutnya dan menjadi ulama penting yang pernah ada di karawang. Makan syekh quro berlokasi di Kampung Pulobata, Pulokelapa, Lemahabang, Kabupaten Karawang dan makan syekh quro seringkali dikunjungi wisatawan yang akan melakukan ziarah kubur.

5. Makam Singa Perbangsa

Raden Adipati Singaperbangsa adalah bupati pertama yang pernah memimpin kabupaten karawang dan raden adipati menjabat sebagai bupati pada periode tahun 1633 sampai dengan 1677 dan peranannya untuk memajukan karawang dianggap sangat penting. Pengankatan singa perbangsa dianggap sebagai titik awal lahirnya kabupaten karawang dan peranan singa perbangsa mempu memajukan karawang. Makan singa perbangsa menjadi makan bersejarah yang banyak dikunjungi peziarah yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Itulah sajian lengkap mengenai tempat wisata di karawang yang menyajikan sejarah dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *