Rahasia Teknologi Mobil: Penyebab Oper Gigi Susah yang Jarang Diketahui

Penyebab Oper Gigi Susah

Rahasia Teknologi Mobil: Penyebab Oper Gigi Susah yang Jarang Diketahui – Mobil merupakan salah satu kendaraan yang saat ini banyak digunakan oleh orang. Baik itu sebagai mobil pribadi atau mobil dinas. Saat ini perangkat yang ada dalam mobil sudah mulai dikembangkan, hingga muncul yang namanya mobil automatic atau mobil tanpa oper gigi. Sama halnya dengan kendaraan beroda dua yakni sepeda motor, ada yang menggunakan perseneling ada juga yang otomatis hanya menggunakan injeksi.

Adanya perkembangan teknologi dari oper gigi menuju automatic ini sangat membantu sekali, karena di rasa lebih mudah dalam proses pengendaraannya. Tetapi masih banyak juga orang yang menggunakan mobil dengan sistem manual yakni dengan menggunakan bantuan oper gigi. Biasanya dalam hal ini ada yang mengalami kesulitan dalam memasukkan gigi perseneling. Nah, apa sih rahasia teknologi mobil  yang menyebabkan perseneling susah masuk? Simak ulasan Sudutpc berikut ini.

Menipisnya Kanvas Kopling

Kopling yang kanvasnya sudah menipis atau aus ini bisa menjadi faktor penyebab perseneling kalian tidak bisa masuk. Karena pada bagian ini membantu kalian dalam mengatur injakan pedal kopling. Jika kanvas kopling menipis, maka tidak bisa menekan kopling dengan sepenuhnya. Kalian perlu untuk mengecek kanvas kalian secara rutin misalnya 6 bulan sekali agar tidak sampai aus.

Kabel Kopling Kaku

Selain kanvas kalian juga perlu untuk mengecek kabel perseneling. Kabel ini juga bisa menjadi penyebabkan adanya kemacetan saat kalian melakukan oper gigi. Kabel kopling yang jarang dibersihkan dan tidak dirawat akan mulai kotor dan berkarat. Hal inilah yang menyebabkan kabel ini menjadi semakin keras. Kabel yang keras ini bisa mempengaruhi jarak antara penggeser kopling, rahasia teknologi mobil  sehingga menjadi lebih pendek dan jadi susah masuk saat oper gigi.

Adanya Kerusakan di Perseneling

Selain memperhatikan kopling, kalian juga perlu untuk melihat perseneling. Di sini kalian bisa mengecek kabel tuas persenelingnya. Jika kabel tuas perseneling mobil kalian terasa lebih berat, maka ada kemungkinan bahwa perseneling kalian akan macet. Sebelum hal itu terjadi baiknya segera kalian bawa ke bengkel terdekat, agar mendapatkan pelayanan yang sesuai.

Tidak hanya pada kabel tuas saja, bushing tuas ini juga rawan terhadap kerusakan. Jika saat mengecek kabel tuas tidak ada masalah, kalian bisa mengalihkan perhatian kalian pada bushing tuas ini. salah satu penyebab macetnya oper gigi ini juga terdapat pada bushing yang sudah rusak.

Kurangnya Oli Persenling

Selain beberapa hal di rahasia teknologi mobil  atas, ada juga yang menyebutkan jika susahnya perseneling masuk ini dikarekan kurangnya asupan oli pada perseneling. Kurangnya pelumas ini mengakibatkan susahnya oper gigi yang dilakukan. Jadi untuk kalian rutinlah mengganti oli pada perseneling agar tidak mudah macet.

Memang benar jika sebuah mesin kurang pelumas bisa menyebabkan kemacetan. Karena gesekan yang terjadi semakin besar. Banyaknya gesekan ini bisa menjadikan perseneling seret dan susah masuk untuk melakukan oper gigi.

Itulah beberapa ulasan mengenai penyebab macetnya oper gigi yang biasanya dialami orang namun tidak banyak yang tahu apa sebabnya. Dengan adanya artikel rahasia teknologi mobil ini semoga bisa membantu kalian dalam menangani mobil kalian apabila mengalami permasalahan tersebut. Hal penting yang perlu kalian perhatikan ialah jangan menyepelekan service, service ini sangat berguna seklai untuk kesehatan dan kelancaran mobil kalian. Lakukan service 6 bulan sekali agar mobil kalian awet dan berkendara seperti baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *