Makanan Khas Ponorogo

Makanan Khas Ponorogo

Makanan khas Ponorogo bisa menjadi referensi bagi Anda yang sedang berlibur atau mungkin berakhir pekan di Ponorogo. Kota kecil yang satu ini berlokasi di Provinsi Jawa Timur. Ponorogo rupanya tidak hanya terkenal akan kesenian reognya saja. Tetapi rupanya juga terkenal akan beragam makanan yang memiliki citarasa khas. Dijaminbeberapamakanan yang lezatini dapat menggoyang lidah Anda. Bila penasaran apa saja jenis makanan khas Ponorogo, yuk simak dulu list nya berikut ini.

  • Nasi Pecel

Pecel menjadi makanan yang sudah banyak dikenal oleh banyak orang. Begitu pula dengan pecel khas Ponorogo yang tentunya sangat lezat. Pecel Ponorogo umumnya memiliki kekhasan tersendiri dan sering dikenal pula dengan nama pecel tumpuk. Sambal kacang yang digunakan untuk pecel ini sangatlah kental. Selain itu sambal kacangnya terasa lebih pedas. Isi sayuran pada pecel ini juga lebih lengkap hingga menjadikannya makanan khas Ponorogo yang nikmat. Anda juga bisa menambahkan beberapa lauk seperti tempe goreng dan rempeyek saat menyantapnya.

  • Sate Ayam Ponorogo

Sate ayam khas Ponorogo juga merupakan makanan yang cukup populer. Mungkin secara sekilas sate ayam ini seperti sate ayam yang lainnya. Namun sebenarnya sate ayam dari Ponorogo cukup berbeda dengan sate ayam lainnya. Sate ayam dari Ponorogo umumnya disayat secara tipis dan memanjang. Selain itu sate ini dibuat dengan terlebih dahulu direndam di dalam bumbu hingga bumbu bisa meresap secara sempurna ke dalam daging ayam. Anda bisa menikmati sate ayam ini dengan menggunakan lontong atau bisa juga dengan menggunakan ketupat.

  • Dawet Jabung

Ponorogo tidak hanya dikenal dengan makanan khasnya saja tetapi juga minumannya. Salah satu minuman segar yang terkenal di Ponorogo adalah Es Dawet Jabung. Es dawet ini dihidangkan dengan isi berupa cendol dan bubur ketan. Ada pula di dalamnya gempol atau ketan serta nangka. Sedangkan kuahnya terdiri dari santan dan gula merah dengan ditambahi sedikit garam. Es ini sangat segar terutama bila diminum saat terik. Terlebih lagi rasanya manis sehingga akan membuat hari-hari Anda di Ponorogo menjadi terasa manis.

  • Jenang Mirah

Untuk Anda yang ingin membawa buah tangan atau oleh-oleh dari Ponorogo maka Jenang Mirah bisa menjadi pilihan bagi Anda. Jenang ini dibuat dari bahan beras atau ketan yang dimasak dengan menggunakan santan kelapa serta gula merah. Hasil olahan beras atau ketan dan santan dengan gula merah ini akan menghasilkan jenang yang berwarna cokelat dan tentunya terasa nikmat. Ada pula jenang yang bagian atasnya ditaburi dengan wijen. Anda bisa membelinya sesuai dengan selera Anda di berbagai toko atau pusat oleh-oleh Ponorogo.

  • Gethuk Golan

Makanan khas Ponorogo terakhir yang akan dibahas kali ini adalah Gethuk Golan. Jajanan tradisional ini biasanya disajikan dengan ketan hitam dan parutan kelapa yang ditaburkan di bagian atasnya. Selain itu jajanan ini juga disiram dengan gula merah di bagian atasnya. Gethuk ini merupakan jajanan yang cukup langka. Anda hanya bisa mendapatkannya di Desa Golan yang terletak di Kecamatan Sukarejo dan lokasinya sangat dekat dari Kota Ponorogo.

Makanan khas Ponorogo yang tertera di atas bisa menjadi rekomendasi bagi Anda. Terutama bila Anda sedang berwisata atau sekedar berkunjung ke kota Ponorogo. Mencarinya jug atidak sulit, karena umumnya dapat ditemui di sepanjang jalanan kota tersebut. Jadi, jangan merasa ragu untuk mencobanya ya. Dapatkan resep masakan menarik hanya di https://makananoleholeh.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *